Penyakit kanker otak

Waspada Penyakit Kanker Otak Ini Yang Harus Kalian Lakukan

Posted on

Penyakit kanker otak atau lebih dikenal dengan tumor otak merupakan penyakit mematikan yang sulit terdeteksi. Jika seseorang mengidap kanker otak, maka semua aktivitas akan terganggu karena otak berperan besar dalam mengontrol aktivitas manusia. Penyakit ini bisa menyerang anda dan orang-orang di sekitar anda meskipun tidak ada riwayat penderita di keluarga anda. Sasarannya pun tidak pandang bulu, mulai dari anak-anak, remaja, dan dewasa. Umumnya, kanker otak menyerang wanita dan orang-orang dalam usia produktif.

Penyakit kanker otak

Banyak hal yang dapat memicu penyakit ini namun sedikit sekali yang dikarenakan faktor genetic. Beberapa ahli menyatakan bahwa asap rokok, radiasi HP, infeksi virus, paparan reaksi kimia hingga system kekebalan tubuh yang lemah dapat menjadi penyebabnya. Akan tetapi, hal itu hanya asumsi karena penyebab pastinya belum ditemukan.

Baca juga: Tips Cara Menurunkan Lemak Darah Secara Alami

Baca juga: 14 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Kanker otak dapat dideteksi dari gejala-gejala yang muncul dan melalui serangkaian tes kesehatan. Adapun gejala kanker otak yakni:

  • Nyeri kepala yang hebat akibat tekanan di kepala
  • Hilangnya system control keseimbangan tubuh sehingga anda mudah linglung dan tak sadarkan diri
  • Badan kurang bisa digerakkan bahkan menyebabkan lumpuh. Hal ini dikarenakan syaraf tidak menerima instruksi dari otak untuk mengaktifkan kelima panca indera.
  • Nafsu makan berkurang diikuti dengan sering mengantuk sehingga badan terasa lemas
  • Sering merasa mual hingga muntah-muntah
  • Mudah lupa karena kerja otak yang tidak maksimal
  • Perubahan kepribadian karena kanker otak merubah cara berfiikir seseorang serta cara mengendalikan perbuatan dan emosi

Adapun deteksi lebih lanjut dapat dilakukan oleh alat medis dan bantuan tenaga ahli. Deteksi dini dapat dilakukan dengan mengajukan CT scan, MRI (Magnetic Resonance Imaging), biopsy, mikroskopik, tes darah maupun tes lab lainnya. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi perkembangan sel kanker dengan mendeteksi lokasi, ukuran atau daya penyebaran dan ciri-ciri sel kanker sehingga diperoleh pengobatan dan penanganan medis yang tepat.

Baca juga: Berbagai Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Meskipun terkenal ganas dan mematikan, kanker otak bisa disembuhkan terlebih lagi bila sel kanker belum menyebar atau masih dalam stadium satu. Pengobatan kanker ini pun dapat dilakukan secara medis. Salah satu cara pengobatan medis adalah dengan mengikuti serangkaian terapi Kemoterapi and terapi radiasi, konsumsi antibiotic untuk menyerang infeksi, pengobatan untuk mengontrol sistem imun di dalam tubuh, pengobatan untuk meringankan gejala-gejala kanker otak, hingga operasi pengangkatan kanker.

Baca juga: 7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Bagaimanapun juga, hal termudah untuk melawan kanker otak adalah dengan menghindari penyebab utama kanker dan selalu menjaga system kekebalan tubuh. Maka dari itu, anda harus memperhatikan asupan gizi anda karena tak hanya anak-anak yang butuh gizi prima, anda pun harus memperhatikan pola makan sehat. Berolahraga dan bergaya hidup sehat seperti menghindari rokok, minuman beralkohol, dan makanan berkolesterol tentu menjadi pencegahan terbaik untuk kanker otak maupun penyakit mematikan lainnya. Aktif dalam menggunakan kemampuan otak seperti mempelajari bahasa baru, memecahkan masalah, bermain game dan aktif berdiskusi juga dapat mengurangi resiko ketidakmampuan otak dalam bekerja.