penyebab penyakit lupus

3 Penyebab Penyakit Lupus yang Paling Utama

Posted on

penyebab penyakit lupusAnda mungkin bertanya-tanya tentang penyebab penyakit lupus. Dan bagaimana bisa satu penyakit dapat menyerupai penyakit lain sehingga mendapat julukan sebagai penyakit seribu wajah. Ya, itulah penyakit lupus. Dia mudah mengikuti penyakit apa saja, seperti diabetes, maag, dan penyakit lainnya. Sebenarnya apakah penyakit lupus itu? Sebagian besar ilmuwan percaya bahwa penyakit ini berkembang sebagai respon terhadap kombinasi antara faktor dari dalam dan luar tubuh. Yang dimaksud di sini, penyakit lupus dapat timbul dari pengaruh hormon dan genetik(sebagai faktor dari dalam tubuh), serta lingkungan (sebagai faktor luar tubuh). Nah, penjelasan tentang 3 aspek utama dari penyebab penyakit seribu wajah inilah yang akan kami bahas secara rinci di sini.

Inilah 3 penyebab penyakit lupus yang paling utama

1.Hormon

Hormon memegang peran penting untuk tubuh manusia, dialah yang mengatur fungsi tubuh. Mengapa lupus dikaitkan dengan hormon? Dalam sebuah pengamatan yang dilakukan, ditunjukkan bahwa 9 dari 10 wanita yang menderita lupus, ditemukan bahwa ada hubungan antara estrogen dengan lupus. Dalam studi ini ditemukan bahwa penyakit lupus mudah berkembang pada perempuan, utamanya saat menstruasi dan hamil. Sebab pada saat inilah kadar hormon estrogen perempuan sangat tinggi. Meskipun memang, baik lelaki maupun perempuan, keduanya mengembangkan hormon estrogen. Sebaliknya, seseorang yang mengambil terapi pasca- menopause, memiliki kecenderungan untuk tidak mengembangkan penyakit ini. Hal inilah yang menguatkan anggapan bahwa penyakit lupus berkaitan erat dengan estrogen yang secara general disebut hormon.

Baca juga: Kenali penyakit ISPA dan Cara mengobatinya

2.Gen

 

Belum ada pengamatan atau penelitian yang membuktikan hubungan kelompok gen mana yang dapat menurun dan menyebabkan lupus. Namun demikian, penyebab penyakit lupus dari sisi genetik ini dibuktikan dengan adanya risiko seseorang terkena lupus ketika ada anggota keluarga lainnya yang terkena penyakit tersebut. Pembuktian yang jelas dapat dilihat pada saat seorang ibu melahirkan bayi kembar dan salah satunya menderita penyakit lupus. Dalam hal ini, kembar yang dibesarkan dalam lingkungan sama, dengan satu menderita satu lagi tidak. Ada kemungkinan bahwa yang tidak mengembangkan lupus akan ikut terkena dampak yang kemudian ikut menderita penyakit lupus. Angka yang dicatatkan pada pengamatan ini mencapai, 25% pada kembar identik dan 2 hingga 3 % pada kembar fraternal. Namun demikian, penyakit lupus dapat diderita oleh seseorang yang tidak memiliki riwayat keluarga sekali pun.

3.Lingkungan

Terakhir, penyebab dari penyakit ini disinyalir berkenaan dengan virus atau bahan kimia, sama halnya penyakit autoimun lainnya. Beberapa bahan kimia yang mungkin bisa membuat seseorang terkena penyakit lupus, misalnya paparan silika, pengaturan bahan kimia untuk pertanian, dan yang lainnya;

Selengkapnya tentang bahan kimia yang dapat memicu penyakit lupus ini adalah sinar ultraviolet dari paparan sinar matahari, sinar ultraviolet dari paparan lampu neon, pengaruh obat-obatan seperti obat diuretik dan minocycline, infeksi, kelelahan, stres secara emosional, pembedahan, kerusakan fisik, melahirkan, kehamilan, komplikasi, cedera, dan yang lainnya. Dari sinilah, penyebab penyakit lupus dari sisi lingkungan ini kemungkinan dapat dikembangkan. Namun memang belum ada penelitian secara rinci mampu menjawabnya.

Sekian artikel tentang penyebab penyakit lupus, semoga dengan artikel ini kalian bisa selalu waspada dan menjaga kesehatan dengan baik!