Penyakit Jantung Rematik

Penyakit Jantung Rematik: Definisi, Fakta, dan Pengobatannya

Posted on

Penyakit jantung rematik tak hanya ditemukan pada pasien dewasa saja, sebagian besar anak-anak di Negara berkembang dengan tingkat kemiskinan yang cukup tinggi juga banyak menderita penyakit satu ini. Penyakit jantung jenis ini berkembang akibat demam rematik yang sebenarnya bisa dicegah dan dikendalikan. Penyebab dari demam rematik sendiri adalah bakteri streptococcus. Bakteri yang telah menyebabkan infeksi dapat mempengaruhi katup jantung. Dalam hal ini, terjadi kerusakan pada katup jantung. Kerusakan ini pada awalnya dipicu oleh peradangan di jantung, baik perikarditis, miokarditis, endokardium, dan lain-lain. Ya, seluruh bagian katup jantung bisa merasakan peradangan hingga akhirnya rusak dan menjadi penyakit jantung yang lebih serius.

Penyakit Jantung Rematik

Fakta tentang penyakit jantung akibat demam rematik

Dalam sebuah data yang penulis temukan, penyakit ini telah mengambil nyawa sekitar 233.000 penduduk per tahun di Negara-negara berkembang yang memiliki penghasilan rendah. Pasien yang meninggal tersebut kebanyakan anak-anak atau remaja yang masih produktif. Data lain juga menunjukkan bahwa sebanyak 15,6 juta orang diperkirakan harus melakukan perawatan yang berulang untuk terhindar dari penyakit satu ini. Padahal, perawatan untuk penyakit yang satu ini tidaklah murah, bahkan bisa dikatakan mahal dan tidak terjangkau. Perawatan yang rutin dan berulang ini pasti akan menguras tak hanya tenaga dan pikiran, tetapi juga keuangan penderitanya. Data ini diambil dari kawasan sub-Sahara Afrika, Asia, dan Selandia Baru. Dari data yang diambil, sebanyak 1 persen dari anak-anak yang sekolah di Afrika, Asia, dan Amerika Latin menunjukkan adanya tanda-tanda penyakit jantung rematik.

Baca juga: Waspada Penyakit Kanker Otak Ini Yang Harus Kalian Lakukan

Baca juga: Penyakit Darah Tinggi / Hipertensi: Gejala, Penyebab, Pencegahan

Pencegahan dan Pengobatan Penyakit Jantung Rematik

Salah satu cara yang paling kuat untuk mengobati penyakit ini adalah dengan mencegahnya. Menghindari penyakit ini menjadi tindakan bijak mengingat penyakit jantung ini dapat menguras keuangan Anda. Jika penyakit ini diawali dari hal sederhana, yakni pengaruh bakteri terhadap imunitas tubuh. Maka pencegahannya juga terbilang sederhana, yaitu dengan mengonsumsi antibiotik. Konsumsi rutin akan mengurangi kemungkinan memburuknya penyakit yang menyerang katup jantung dan berpotensi untuk merusak keseluruhan bagian jantung ini.

Baca juga: 6 Penyebab Penyakit Jantung Sesuai dengan Akar Masalahnya

Baca juga: Penyakit Kulit Pada Orang Dewasa dan Anak-anak

Namun demikian, jika penyakit ini diketahui setelah masuk dalam fase yang lebih serius, misalnya demam rematik akut. Maka tentu saja pengobatan di tahap yang serius juga harus dilakukan. Biasanya, seseorang akan disarankan untuk kontrol setiap tahun sekali untuk melihat kondisi jantung Anda. Intensitas untuk mengontrol keadaan jantung ini bisa bertambah sesuai dengan tingkat keparahan penyakitnya. Sebab untuk penyakit jantung satu ini, pemeriksaan rutin adalah kunci yang paling baik untuk meninjau kondisi fisik katup jantung dan otot jantung pasien. Pemeriksaan fisik ini biasanya dilakukan dengan echocardigram. Hal ini penting mengingat penyakit jantung karena demam rematik ini dapat memburuk dari waktu ke waktu.

Tindakan operasi harus dilakukan sebelum otot jantung belum rusak secara keseluruhan atau permanen. Operasi yang dilakukan untuk mengganti katup jantung ini juga tidak bisa dilakukan sejak dini. Maka dari itulah dapat disimpulkan bahwa pengobatan penyakit jantung rematik ini sangat rumit dan complicated.