analisis SWOT

Meningkatkan Bisnis Dengan Analisis SWOT : Pengertian dan Manfaatnya!

Posted on

Analisis SWOT – Salam hangat dan sejahtera untuk kalian semua. Semoga sehat dan selalu berhagia. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas, “Bagaimana sih caranya merencanakan suatu bisnis agar dapat berjalan baik dan bersaing?”. Salah satu cara yaitu dengan menggunakan analisis SWOT.

Yuk kita mulai pembahasannya. Check this out!

analisis SWOTSudah banyak sekali produk yang beredar di masyarakat saat ini. Hampir semua kebutuhan dalam hidup ini di segala aspek sudah terpenuhi oleh para produsen yang keren. Bahkan tidak jarang kita temukan barang sejenis dipasaran dan hanya dibedakan oleh merek.

Tetapi walaupun sejenis, masing-masing merek memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Nah itu yang membedakan merek yang satu dengan merek lain. Hal tersebut bisa terjadi karena pada produsen menggunakan analisis SWOT untuk merencakan usaha ke depan.

Pengertian dan Manfaat Analisis SWOT

Analisis SWOT merupakan akronim yang terdiri dari Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Peluang), dan Threats (Ancaman) berguna untuk merencanakan bisnis agar dapat bersaing di masa mendatang.

Sebelum saya membahas satu per satu dari poin-poin diatas, saya tampilan gambar dari analisis SWOT di bawah ini.

1. Strenghts (Kekuatan)

Adalah kondisi internal dalam melihat keunggulan atau kelebihan yang terdapat di dalam usaha dan produk kita. Hal ini sangat penting dalam bersaing dengan perusaahan atau usaha yang lain. Keunggulan dari usaha atau produk yang dimiliki menjadi modal utama untuk mendapatkan pasar.

Misal perusahaan menjual produk jaket,Strenghts (Kekuatan), perusahaan tersebut menciptakan jaket dengan bahan yang tahan air, tahan api, bahkan tahan terhadap goresan benda tajam. Hal itu bisa dijadikan kekuatan produk dari perusahaan tersebut.

Atau Strenghts (Kekuatan), perusahaan jasa bengkel kendaraan yang menyediakan layanan antar jemput dan gratis service apabila membeli spare part atau menjadi member di bengkel tersebut. Pegawai dilatih agar cepat dan tanggap dalam mengatasi keluhan konsumen.

2. Weakness (Kelemahan)

Adalah kondisi internal dalam melihat kekurangan yang terdapat dalam perusahaan atau produk kita dengan perusahaan atau usaha yang lain. Kondisi ini pasti akan menghambat perkembangan suatu perusahaan atau produk yang kita jalankan.

Misal perusahaan jasa salon,Weakness(Kelemahan), tidak memberikan pelatihan dalam menghadapi pelanggan sehingga pegawai memperlakukan konsumen secara tidak baik sehingga konsumen menjadi tidak nyaman.

Berbeda dengan salon yang satunya, menyapa konsumen dengan ramah, menanyakan apa yang dibutuhkan oleh konsumen, memberi saran yagn terbaik untuk konsumen, dan sebagainya.

Atau Weakness (Kelemahan), perusahaan yang menjual kaos kurang baik dalam hal pemasaran sehingga penjualan tidak memuaskan. Dapat merubah atau mengganti cara pemasarannya untuk meningkatkan penjualan.

3. Opportunities (Peluang)

Adalah kondisi eksternal dalam melihat melihat kesempatan yang ada atau yang memungkinkan untuk mengembangkan suatu perusahaan atau produk. Semakin cepat kita menangkap peluang, semakin maju perusahaan atau usaha yang kita jalankan.

Misal perusahaan jasa transportasi,Opportunities (Peluang), melihat adanya peluang menggunakan teknologi untuk mendapatkan dan mempermudah konsumen dalam memakai jasanya.

Maka diciptakanlah sebuah aplikasi yang memungkinkan dipakai oleh konsumen untuk memesan sebuah jasa transportasi.

Atau Opportunities (Peluang), sebuah restoran yang melihat perkembangan trend anak muda yang sering berkumpul untuk sekedar menghabiskan waktu dan mengobrol.

Maka diciptakan sebuah cafe degan fasilitas yang nyaman seperti WIFI.

4. Threats (Ancaman)

Adalah kondisi eksternal dalam melihat suatu hambatan dari luar yang membahayakan perusahaan atau usaha kita. Hal ini harus segera diketahui dan dicari jalan keluarnya sehingga perusahaan kita dapat terus maju dan berkembang.

Misal cafe,Threats (Ancaman), yanng terletak diantara perumahan warga dan warga memiliki keluhan karena polusi suara yang diciptakan cafe tersebut dan dituntut untuk menutupnya.

Maka cafe tersebut harus memiliki solusi atas ancaman tersebut dengan cara membatasi volume lagu yang diputar atau memberikan peredam suara di setiap dinding cafe tersebut.

Itulah penjelasan dari 4 poin analisis SWOT yang pada intinya suatu perusahaan atau usaha harus cepat dalam berinovasi dan memecahkan masalah yang ada untuk mengembangkan dan mempertahankan usaha mereka.

Demikian penjelasan saya mengenai Analisis SWOT. Semoga bermanfaat dan dapat dimengerti dengan mudah. Apabila ada salah kata, mohon dimaafkan ya. Oh iya, kalo ada tambahan dan pertanyaan boleh komentar dibawah.