Manfaat Kurma

7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Posted on

Banyak orang yang telah memaklumi manfaat kurma untuk kesehatan. Apalagi sejak jaman dahulu banyak orang, terutama di kawasan Timur Tengah, mengkonsumsi buah kurma ini. Bahkan buah yang berasal dari pohon sejenis palem mini ini menjadi santapan Nabi Muhammad ketika beliau berbuka puasa. Oleh karena itu, bagi kalangan muslim, konsumsi kurma ini menjadi sunah yang dianjurkan oleh Rasullulah. Maka tidaklah heran apabila buah kurma ini digemari tidak hanya oleh orang timur tengah, namun juga oleh masyarakat Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam.

Baca juga : 13 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Dibalik rasanya yang manis dan enak, buah kurma juga mengandung berbagai macam zat yang meningkatkan manfaat kurma bagi kesehatan manusia. Kandungan utama dari buah ini adalah glukosa alami, sekitar 80%, sisanya terdiri dari protein, lemak dan produk mineral termasuk tembaga, besi, magnesium dan asam folat. Kurma kaya dengan serat dan merupakan sumber kalium yang sangat baik.

Dengan berbagai kandungannya, inilah manfaat kurma untuk kesehatan manusia:

7 Manfaat Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Kurma

  • Manfaat kurma bisa dilihat dari Kaum Arab Badui, di mana mereka yang makan kurma secara teratur, menunjukkan tingkat kejadian yang sangat rendah dari kanker dan penyakit jantung.Manfaat kurma juga didapat dari kandungannya yang kaya serat sehingga mampu mencegah penyerapan kolesterol LDL dalam usus. Kandungan serat kurma juga membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi paparan dan mengikat bahan kimia yang menyebabkan kanker usus besar.

 

  • Sebagai makanan laksatif (laxative food), buah kurma melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.Manfaat kurma yang lain adalah kandungan antioksidan yang dikenal sebagai tanin. Tanin diketahui bersifat anti-infeksi, anti-inflamasi dan anti-hemoragik.

 

  • Buah kurma memiliki kandungan vitamin A yang ada di dalamnya. Vitamin A dikenal memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan mata. Vitamin A juga diperlukan menjaga kulit tetap sehat. Konsumsi buah-buahan alami yang kaya akan vitamin A diketahui membantu melindungi tubuh dari kanker paru-paru dan rongga mulut.

 

  • Kurma memilki manfaat untuk melancarkan peredaran sel darah merah berkat kandungan zat besi yang ada di dalamnya, zat besi termasuk bagian dari hemoglobin yang dapat meningkatkan sirkulasi oksigen didalam darah.

 

  • Manfaat kurma lainnya adalah dari kandungan kalium yang ada di dalamnya. Kalium adalah komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehingga memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung koroner dan stroke.Manfaat kurma juga berasal dari kalsium yang terkandung di dalamnya. Kalsium merupakan mineral penting dalam pembentukan tulang dan gigi, dan dibutuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot, penggumpalan darah dan konduksi impuls saraf.

 

  • Manfaat kurma berikutnya adalah dari kandungan mangan yang ada di dalamnya. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai unsur pendukung untuk enzim antioksidan superoksida dismutase. Tembaga diperlukan dalam produksi sel darah merah. Magnesium sangat penting bagi pertumbuhan tulang.

 

  • Manfaat kurma bagi kesehatan yang terakhir adalah sebagai sumber vitamin K dan vitamin B-kompleks, yaitu piridoksin (vitamin B-6), niacin, asam pantotenat dan riboflavin. Vitamin ini membantu tubuh dalam metabolisme karbohidrat, protein dan lemak. Vitamin K sangat penting dalam pembekuan darah dan metabolisme tulang.

Itulah 7 Manfaat kurma untuk kesehatan yang bisa saya jelaskan, jangan lupa untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi buah kurma ya karena itu kurang baik.