Manfaat Jus Alpukat

Manfaat Jus Alpukat Yang Tidak Semua Orang Tau

Posted on

Manfaat jus alpukat selain untuk menyegarkan tenggorokan di tengah siang, ternyata bagus juga untuk kecantikan dan kesehatan. Buah dengan nama lain Avocado ini menurut sejarahnya berasal dari dataran Meksiko dan Amerika Tengah. Sedangkan pada abad yang ke 16, buah ini baru dikenal di Eropa. Buah yang khas dengan warna hijaunya ini memliki tekstur daging yang sangat lembut.

Rasanya yang enak membuat mengkonsumsi akan buah ini begitu difavoritkan. Manfaat jus alpukat juga bisa diambil dengan cara mengolahnya menjadi campuran dalam sop buah, dijadikan pudding, atau langsung dimakan. Buah ini memang nikmat ketika dicampur dengan susu dan diberi es.

Manfaat Jus Alpukat

Manfaat Jus Alpukat beserta Kandunganya

Mendapatkan manfaat jus alpukat, tentu harus tahu kandungannya. Dalam alpukat terkandung lemak nabati dengan jumlah yang cukup tinggi. Namun karena tak jenuh, lemak ini justru membuat kolesterol jahat dalam tubuh bisa turun. Penyakit seperti jantung, hipertensi, kanker, dan stroke pun bisa dicegah. Lemak tak jenuh tersebut proses cernanya dalam tubuh sangat mudah. Sifatnya yang anti jamur dan bakteri pun bekerja dengan maksimal melindungi tubuh. Untuk menu diet, selain dapat memberi rasa kenyang dalam waktu yang lama. alpukat akan membuat nafsu makan Anda berkurang.

Baca juga: Manfaat Tersembunyi Buah Melon Untuk Kesehatan

Baca juga: 8 Makanan Untuk Menguatkan Fungsi Hati

Baca juga: 14 Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat jus alpukat juga bisa membuat kulit halus karena alpukat banyak mengandung vitamin khususnya E. kulit akan ternutrisi, awet muda, kencang dan kenyal. Vitamin A yang terkandung juga lumayan banyak. Sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Sedangkan jenis asam yang dikandungnya merupakan asam oleat. Asam ini sangat bagus karena bersifat antioksidan yang akan melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Imunitas tubuh juga akan ditingkatkan. Seperti pisang, dalam alpukat juga terkandung potassium. Cairan dalam tubuh akan seimbang. Sangat bagus bagi yang memiliki darah tinggi karena mengkonsumsi buah ini bisa membantu menurunkan tekanannya. Zat besi pun merupakan bagian dari kandungannya yang bermanfaat bagi mereka yang kurang darah. Selain dari buahnya, bijinya pun bisa dimanfaatkan untuk diekstrak minyaknya sebagai penutrisi kulit dan rambut.

Agar manfaat jus alpukat bisa kita rasakan. Sebaiknya konsumsi jus alpukat pun sesering mungkin dilakukan. Lebih baik cukup diberi susu dan tanpa gula agar lebih sehat. Sedangkan untuk dijadikan masker wajah. Menghaluskan alpukat bisa menggunakan blender. Bisa dicampur dengan madu atau air lemon untuk memberi nutrisi tambahan. Agar hasil maksimal, menggunakannya pun harus rutin. Sering menggunakannya maka wajah akan terasa lembut, lembab, halus, dan terhindar dari kerutan serta penuan dini yang banyak ditakuti setiap wanita.

Pilih alpukat yang tidak terlalu tua tapi sudah matang dan sudah tidak keras buahnya. Kulitnya biasanya sudah coklat keunguan sebagai tanda alpukat tersebut matang bagian dagingnya bagus dan sempurna. Alpukat yang matangnya bagus ketika akan diambil dagingnya bijinya dengan mudah terlepas sendiri. Mengambil dagingnya juga cukup dengan sendok saja. Mendapatkan alpukat yang bagus bisa kita dapatkan di pasar dengan mudah. Berbagai ukuran dengan varietas yang bermacam-macam kini juga tersedia. Namun, jika kita ingin menanam alpukat sendiri sebaiknya pelajari dengan benar cara budidayanya. Alpukat sangat rentan dengan serangan hama dan penyakit. Daun merupakan bagian yang paling banyak diserang. Terutama hama ulat. Bagian daun akan mengalami kerusakan parah. Sedangkan penyakit menyerang bagian buah dengan gejala banyaknya titik-titik coklat pada pada daging buahnya. Bijinya pun sering terkena serangan dan menjalar juga akhirnya ke bagian daging buahnya.