Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan

Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan

Posted on

Hampir semua orang menganggap tanaman ini merupakan salah satu tanaman pengganggu yang perlu dimusnahkan. Akan tetapi, tunggu dulu, tanaman yang memiliki nama latin Plantago Mayor L atau yang disebut daun sendok ini ternyata juga memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan. Sayangnya, manfaat daun sendok sebagai obat tradisional belum banyak diketahui oleh masyarakat mengingat posisinya yang dianggap sebagai gulma.

Tanaman yang termasuk ke dalam famili Plantaginaceae ini merupakan jenis tanaman yang banyak sekali ditemukan di beberapa wilayah Indonesia, sehingga tidak mengherankan jika tanaman ini memiliki beberapa sebutan yang berbeda. Di wilayah Jawa, tanaman ini dikenal sebagai suri panduk atau sembung otot, sedangkan di wilayah Sulawesi, tanaman ini disebut sebagai torongoat. Pada dasarnya, jika diteliti lebih jauh manfaat daun sendok ini sangat besar untuk beberapa penyakit karena semua bagian tanaman bisa digunakan untuk obat.

Manfaat Daun Sendok untuk Kesehatan

Ciri-Ciri Daun Sendok

Sebelum anda merasakan manfaat daun sendok, terlebih dahulu anda mengetahui bagaimana gambaran rupa dari daun sendok dengan mengetahui ciri-cirinya. Dianggap sebagai tanaman pengganggu, daun sendok merupakan jenis tanaman yang hidup di ketinggian 3000 mdpl atau biasa ditemukan di beberapa perkebunan teh ataupun karet. Tanaman yang menyukai suasana lembab ini, memiliki bentuk daun yang cekung dan menyerupai sendok, dengan tinggi mencapai 15 – 20 cm.

Menelusuri lebih jauh mengenai ciri-ciri daun sendok, tanaman yang memiliki daun seperti daun bayam ini mempunyai warna hijau dengan bentuk daunnya sepanjang 5 – 10 cm serta lebar 4 – 9 cm dengan tepian daun yang bergerigi kasar.  Kebanyakan setiap orang mengambil manfaat daun sendok dengan mengolah bagian daunnya untuk dijadikan berbagai obat mulai dari kencing manis hingga untuk obat kuat lelaki.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Alpukat Yang Jarang Diketahui

Kandungan Daun Sendok

Tanaman yang dijuluki sebagai ki urat ini ternyata memiliki berbagai kandungan senyawa kimia yang sangat baik untuk menyembuhkan penyakit. Beberapa kandungan kimia tersebut menjadikan manfaat daun sendok semakin dikenal oleh masyarakat.

Beberapa kandungan yang terdapat pada daun sendok adalah vitamin C, tanin, polifenol, flavonoid dan juga asam sitrat. Senyawa kimia tersebut bisa anda temukan di seluruh bagian tanaman.

Selain itu, manfaat daun sendok sebagai pereda pada penderita diare ternyata juga dikarenakan senyawa kimia yang terdapat pada daun sendok yang berupa tanin yang memiliki efek adstrigen dan dapat menyempitkan selaput lendir pada usus. Tidak hanya itu saja, kandungan kalium pada daun sendok juga bermanfaat untuk peluruh kencing serta melarutkan adanya endapan garam kalsium pada ginjal dan kandung kemih.

Khasiat dan Manfaat Daun Sendok Bagi Kesehatan

Untuk mendapatkan manfaat daun sendok, maka seorang ahli pengobatan bisa menggunakan seluruh bagian tanaman dengan mengolahnya sesuai dengan ukuran yang sewajarnya. Pengobatan kencing berdarah, mimisan, hingga disentri bisa dilakukan dengan menggunakan tanaman ini. Berikut cara pengolahan daun sendok untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Baca juga: 13 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

1.Mengobati mimisan

Dari sekian banyak manfaat daun sendok, ternyata bagian tanaman yang berupa daunnya ini bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mimisan. Berikut ini cara pengolahan daun sendok yang dijadikan sebagai obat mimisan.

Bahan:

  • 15 gram daun sendok segar
  • Air panas secukupnya

Cara Pembuatan:

  • Cuci bersih daun sendok yang masih segar tersebut
  • Masukkan daun sendok tersebut pada cangkir lalu tuang dengan air panas secukupnya
  • Biarkan seduhan daun sendok berubah menjadi hangat

Untuk menghentikan terjadinya pendarahan pada saat terjadi mimisan, maka manfaat daun sendok bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi seduhan daun sendok selagi hangat. Lakukan cara demikian ini hingga mimisan anda membaik.

2.Mengobati disentri

Disentri merupakan kondisi yang disebabkan oleh infeksi pada saluran usus ini ternyata juga diikuti dengan buang air besar yang encer.

Dapat meredakan gejala disentri seperti buang air besar yang encer

Bahkan penyakit ini juga menyebabkan terjadinya kram perut hingga muntah. Untuk mengobatinya, anda bisa mengambil manfaat daun sendok dengan mengolahnya sesuai dengan aturan.

Bahan:

  • 30 gram daun sendok segar2
  • Air bersih

Cara Pembuatan:

  • Bersihkan daun sendok segar hingga benar-benar bersih
  • Masukkan dua gelas air serta daun sendok tadi dalam sebuah panci
  • Rebus hingga air rebusan daun sendok tersisa satu gelas
  • Angkat dan saring

Untuk pengobatan disentri, manfaat daun sendok bisa anda rasakan dengan mengkonsumsi rebusan daun sendok tersebut sebanyak ½ gelas sebanyak dua kali sehari. Lakukan cara demikian ini hingga disentri anda berkurang.

3.Mengobati penyakit kencing berdarah

Manfaat daun sendok yang lebih besar juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kencing berdarah. Jenis penyakit yang disebabkan karena adanya infeksi pada saluran kemih ataupun pada ginjal ini bisa diatasi lebih awal dengan mengkonsumsi ramuan dari daun sendok. Berikut cara pengolahannya.

Bahan:

  • 1 genggam daun sendok
  • Air bersih secukupnya

Cara Pengolahan:

  • Cuci bersih daun sendok yang masih segar
  • Tumbuk keseluruhan daun sendok dengan menambahkan sedikit air
  • Peras tumbukan daun sendok hingga menghasilakn satu gelas perasan

Sebagai langkah awal untuk mengobati kencing berdarah, manfaat daun sendok bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi perasan dari tumbukan daun sendok sebanyak satu gelas yang bisa anda konsumsi sekali sebelum makan setiap hari. Lakukan hal ini secara rutin hingga kencing berdarah yang anda rasakan berkurang.

Daun sendok atau yang dikenal dengan ki urat merupakan jenis tanaman yang tergolong gulma dan banyak di temukan di perkebunan teh ataupun kopi. Manfaat daun sendok untuk kesehatan sangatlah besar dan digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti kencing berdarah hingga mimisan. Untuk mendapatkan manfaat daun sendok anda bisa mengolahnya sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan.