Manfaat Daun Alpukat

7 Manfaat Daun Alpukat Yang Jarang Diketahui

Posted on

Tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak sekali khasiat, daun alpukat pun mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Masih sedikit orang yang mengetahui manfaat daun alpukat. Padahal jika diulas secara mendalam, ada banyak sekali penyakit yang bisa diatasi hanya dengan daun alpukat. Daun alpukat seringkali digunakan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional Indonesia. Kandungan yang ada di dalam daun alpukat diantaranya adalah Polifenol, Querstin, flavonol, estragole, limonene, glikosida, cineol, alpha serta beta pinene, flavonoid, serotonin, dan masih banyak yang lainnya. Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam daun alpukat, tak heran jika daun ini memiliki banyak sekali khasiat. Berikut ini adalah 7 manfaat dari daun alpukat untuk kesehatan yang perlu Anda Ketahui.

7 Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan

Manfaat Daun Alpukat

 

1. Membantu Mengobati Diare

Manfaat daun alpukat yang pertama adalah dapat membantu mengobati penyakit diare. Hal tersebut dikarenakan adanya kandungan Limonene di dalam daun alpukat. Perlu diketahui bahwa kandungan tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan fungsi usus sekaligus menjaga keseimbangan pencernaan.

Baca juga : Manfaat luar biasa Buah Naga

2. Mengatasi Batu ginjal

Daun alpukat mengandung flavonoid, saponin dan alkolid yang cukup tinggi. Kandungan tersebut berkhasiat untuk menghancurkan batu ginjal. Dengan begitu, ginjal akan tetap sehat dan berfungsi sebagaimana mestinya. Daun alpukat juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

3. Membantu Mencegah Kanker

Manfaat daun alpukat untuk kesehatan selanjutnya adalah mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal penyebab kanker. Pasalnya, daun alpukat ini mengandung limonene dan pinene yang sangat tinggi. Dimana zat tersebut dapay menghambat pertumbuhan dari sel kanker. Tak hanya itu, daun alpukat juga bisa berperan sebagai chemoprotective agent sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan penderita kanker.

4. Menyembuhkan Sakit Kepala

Sakit kepala adalah hal yang sangat menyakitkan. Namun tidak perlu khawatir karena Anda bisa menggunakan bahan alami berupa daun alpukat untuk mengatasinya. Daun alpukat sangat efektif untuk mengobati sakit kepala karena mengandung pinene dan Quercetin. Kandungan tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan sakit kepala, rasa nyeri serta masalah lain pada otak.

Baca juga : 13 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

5. Mengurangi Serangan Asma

Manfaat daun alpukat yang kelima adalah mengurangi gejala serangan asma. Hal ini dikarenakan adanya kandungan pinene yang mampu mengurangi serangan asma. Tak hanya itu, zat tersebut jugaa berfungsi untuk mengurangi peradangan sekaligus meningkatkan aliran udara yang masuk ke dalam paru-paru. Zat yang ada di dalam daun alpukat ini juga memiliki efek sebagai bronkodilator sehingga sangat cocok dijadikan sebagai obat asma alami.

6. Menstabilkan Tekanan Darah

Tekanan darah akan semakin stabil saat Anda mengkonsumsi ekstrak daun alpukat secara teratur. Pasalnya daun ini mengandung Limonene yang sangat bermanfaat untuk mencegah hipertensi dan menstabilkan tekanan darah.

7. Mengurangi Pembengkakan

Manfaat yang ketujuh adalah mengurangi pembengkakan pada tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan quercetin yang dapat meminimalkan pembengkakan pada tubuh. Kandungan ini juga bisa dijadikan sebagai zat anti inflamasi. Cara mengobati pembengkakan tubuh menggunakan daun alpukat sangat mudah. Anda hanya perlu menumbuk daun alpukat lalu letakkan tumbukan daun tersebut pada daerah tubuh yang mengalami pembengkakan. Biarkan selama kurang lebih 5 jam lalu bilas hingga bersih.
Wah, ada banyak sekali khasiat dari daun alpukat bukan? Demikianlah informasi mengenai 7 manfaat daun alpukat. Semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan Anda terkait dengan keampuhan daun alpukat dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

One thought on “7 Manfaat Daun Alpukat Yang Jarang Diketahui

Comments are closed.