manfaat fluoride

Manfaat dan Efek Fluoride Si Pelindung Gigi Dan Tulang

Posted on

Manfaat fluoride bagi tubuh- Sering kali kita tidak menyadari jika kita setiap harinya mengkonsumsi fluoride. Pasalnya, fluoride merupakan suatu garam yang kerap dijumpai di alamdan berupa sodium fluoroide, magnesium fluoride, ammonium fluorofosfat, ammonium fluoride, calcium fluoride, hexadesil ammonium fluoridebdan ammonium fluorosilikat, aluminium fluoride serta garam lainnya.

Fluride Dalam Pasta Gigi

manfaat fluoride

Fluoride pun masih termasuk di dalam mineral yang sering ditambahkan pada pasta gigi. Karena itulah, fluoride selalu identik dengan pasta gigi. Hal ini tidak terlepas dari manfaat fluoride yang dapat memperkuat enamel (email) atau lapisan luar yang keras pada gigi, sehingga membantu mencegah kerusakan gigi. Gigi dapat mudah rusak disebabkan tingkat keasaman di lapisan enamel tinggi. Asam di dalam enamel gigi secara aktif dapat membuat pengikisan. Efek jangka panjang dari konsisi ini ialah gigi berlubang.

Situasi asam di dalam mulut juga turut meningkatkan konsentrasi bakteri yang dapat merugikan. Disinilah manfaat fluoride pada gigi. Fluoride dapat melindungi enamel dari asam, sehingga gigi terbebas dari pengikisan, yang berakhir pada gigi berlubang.

Fluoride jarang ditemukan dalam berbagai jenis makanan. Oleh sebab itu, mineral ini lebih sering ditambahkan pada produk-produk sehari-hari, diantaranya pasta gigi dan air minum. Karena manfaat fluoride yang besar bagi tubuh, tak jarang zat ini dicampurkan ke dalam air minum.

Namun, bukan berarti tidak ada bahan bakanan yang sama sekali mengandung fluoride. Ada beberapa bahan makanan yang mengandung fluoride, sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat fluoride langsung dari alam. Beberapa bahan alam yang mengandung fluoride yaitu ikan salmon, sarden dan teh hijau. Dengan mengkonsumsi bahan alami tersebut, maka kita memperoleh manfaat fluoride secara alami langsung.

Sama seperti mineral dan vitamin lainnya, fluoride juga sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Terutama manfaat fluoride bagi gigi dan tulang. Kebutuhan fluoride masing-masing oarng berbeda, tergantung usia dan jenis kelamin. Adapun besaran kebutuhan fluoride bagi tubuh yaitu:

  • Bayi usia 7-11 bulan membutuhkan 0,4 mg
  • Anak usia 1-3 tahun membutuhkan 0,6 mg
  • Anak usia 4-6 tahun membutuhkan 0,9 mg
  • Anak usia 7-9 tahun membutuhkan 1,2 mg
  • Perempuan usia 10-12 tahun membutuhkan 1,9 mg
  • Perempuan usia 13-15 tahun membutuhkan 2,4 mg
  • Perempuan usia 16-29 tahun membutuhkan 2,5 mg
  • Perempuan usia 30-80 membutuhkan 2,7 mg
  • Laki-laki usia 10-12 tahun membutuhkan 1,7 mg
  • Lakli-laki usia 13-15 tahun membutuhkan 2,4 mg
  • Laki-laki usia 16-18 tahun membutuhkan 2,7 mg
  • Laki-laki usia 19-29 tahun membutuhkan 3.0 mg
  • Laki-laki usia 30-80 tahun membutuhkan 3,1 mg.

Melihat kebutuhan tersebut, jelaslah semua manusia membutuhkan fluoride. Mulai dari anak-anak hingga dewasa. Laki-laki maupun perempuan. Ini tentunya berkaitan dengan manfaat fluoride bagi tulang dan gigi. Fluoride memang dibutuhkan sejak dini. Ini karena pertumbuhan gigi dimulai sejak bayi. Adapun orang dewasa memerlukan fluoride karena untuk melindungi gigi dari pembusukan di dalam mulut.

Remineralisasi Tulang Dan Gigi

Disamping sebagai pelindung enamel gigi, fluoride dibutuhkan dalam proses remineralisasi yang terjadi pada tulang. Manfaat fluoride dalam proses remineralisasi tulang adalah membantu pemulihan mineral yang diakibatkan pelepasan atau pemakaian mineral tertentu di bagian tulang kita. Intinya, manfaat fluoride yakni membantu proses pencegahan kehilangan mineral dan akan senantiasa mengganti mineral tulang dan gigi yang hilang, sehingga kehilangan mineral takakan terjadi secara permanen.

Mencegah Osteoporosis

Karena manfaat fluoride sebagai pelindung tulang sehingga tulang tidak kehilangan mineral, maka zat ini sangat penting dalam pencegahan osteoporosis. Tentunya tidak ada yang ingin mengalami osteoporosis. Pasalnya, jika sudah terjadi pengeroposan tulang atau osteoporosis, maka tulang tidak dapat lagi menopang tubuh atau melindungi organ tubuh yang vital.

Efek Kelebihan Fluoride

Tubuh kita memang membutuhkan fluoride untuk kesehatan tulang dan gigi. Akan tetapi, jika mengkonsumsinya berlebihan, justru akan berbahaya bagi tulang dan gigi. Adapun dampak kelebihan fluoride adalah:

 Flourosis

Flourosis gigi adalah adanya peningkatan porositas pada emailgigi yang berbanding lurus dengan paparan flour yang didapat oleh gigi sepanjang masa pembentukannya. Atau dalam istilah lainnya yakni pengapuran gigi. Jika sudah begini, gigi akan tampak berwarna kecoklatan.

 Kerusakan tulang

manfaat fluoride juga tidak akan dirasakan tulang apabila mengkonsumsi zat ini secara berlebihan. Orang yang mengalami kelebihan flour akan mudah mengalami patah tulang. apalagi bagi yang sudah berusia lanjut.

 Pubertas Dini

Selain berdampak pada tulang dan gigi, kelebihan flour ternyata juga mendorong masa pubertas pada remaja lebih cepat. Hal ini berdasarkan penelitian yang menghubungkan antara produksi kelenjar pineal dengan fluoride pada jumlah yang tinggi. Akibatnya, menstruasi menjadi lama bulan lebih cepat, dibandingkan remaja yang kadar fluoridenya normal.

 Kerusakan Otak

Kelebihan fluoride juga tidak baik bagi kesehatan saraf otak kita. Terlalu banyak fluoride akan memicu resiko penyakit alzheimer. Alzheimer merupakan sejenis sindrom dengan apoptosis sel-sel otak pada saat yang bersamaan, sehingga otak nampak mengerut dan mengecil. Alzheimer bisanya diderita oleh orang tua.

 Mengganggu Sistem Reproduksi

Manfaat Fluoride bisa berbalik menjadi dampak negatif terhadap sistem reproduksi laki-laki jika berlebihan. Fluoride dalam dosis tinggi, dapat mempengaruhi produksi sperma pada pria,baik secara kuantitas maupun kualitas.

Manfaat fluoride memang sangat bai bagi tubuh jika diproduksi dalam jumlah yang tepat. Namun justru membahayakn tubuh jika diproduksi dalam takaran yang berlebihan.