Makanan Untuk Menguatkan Fungsi Hati

8 Makanan Untuk Menguatkan Fungsi Hati

Posted on

Gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan berbagai hal mulai dari berolah raga, bersepeda, tidak merokok, tidak minum-minuman berakhohol, dan yang lebih penting ialah memilih dan mengatur makanan apa saja yang akan masuk ke dalam tubuh kita. Masyarakat modern zaman sekarang tidak lagi menganggap bahwa gemuk itu sehat, karena belum tentu orang yang gemuk itu sehat. Jangankan orang dewasa, bayipun juga mulai di filter makanannya, tak sembarang asupan disuapkan ke anak. Hal ini merupakan suatu pola yang baik untuk organ tubuh bekerja, terutama untuk fungsi hati. Dimana hati berfungsi sebagai penyaring dan pemeras makanan yang masuk ke dalam tubuh. Semakin makanan yang masuk ke tubuh semakin mudah di saring dan dicerna maka kerjanya akan semakin mudah sehingga mengurangi lemah fungsi hati. Lalu makanan apa saja yang dapat melemahkan fungsi hati? Berikut ulasannya :

Makanan Untuk Menguatkan Fungsi Hati

Makanan Untuk Menguatkan Fungsi Hati

1. Bawang Putih

Bawang putih dipercaya banyak mengandung antioksidan, serta memimiliki zat anti inflamasi, yang berfungi dapat mengeluarkan zat racun.– Pakailah minimal 4 siung bawang putih di dalam masakan anda, apapun masakannya, hal ini selain akan menguatkan fungsi hati juga akan membuat makanan anda terasa lebih sehat dan sedap.

2. Brokoli

Kasiat yang ada di dalam sayur brokoli ini sangat tinggi, salah satunya untuk menguatkan fungsi hati.– Cara penyajian brokoli yang bertujuan untuk menguatkan fungsi hati juga sangat mudah. Hanya dengan merebusnya dengan air garam selama 3 menit, kemudian komsumsilah. Bisa dengan dicelupkan dalam sedikit mayonise.– Batang pada brokolipun juga bagus. Iris tipis-tipis dan rebus dan nikmati.

3. Kubis

Kubis berkasiat untuk mencegah berbagai penyakit, karena mengandung sulfur dan juga bertugas sebagai pembersih hati. Selain bisa mengontrol gula darah juga bisa menguatkan fungsi hati.– Cukup rebus kul dengan air garam agar sedikit berasa.

4. Asparagus

Di dalam asparagus terdapat zat yang mengandung fitokimia, di mana berfungsi membersihkan organ ginjal dan hati secara alami.– Asparagus biasanya disajikan sebagai sup. Memiliki rasa enak dan mengenyangkan.

5. Teh Hijau

Teh hijau memiliki antioksidan tinggi, yang dapat menjadi penyaring zat racun makanan yang masuk ke dalam tubuh.– Konon rasa pahit dalam teh hijau itulah filter alami dalam proses penyaringan zat racun.– Seduh teh hijau beberapa jumput ke dalam air panas, lalu nikmati secara perlahan agar proses pembersihannya dapat berjalan dengan baik.

6. Minyak Zaitun

Zat yang terkandung di dalam minyak zaitun dapat bermanfaat untuk menghilangkan zat kimia secara alami. Dapt membantu hati untuk menyerap racun dengan lebih baik.– Campurkan minyak zaitun ke dalam menu masakan sehat anda. Hindarkan minyak-minyak jenuh yang sudah anda pakai.

7. Minyak Sayur

Minyak sayur mengandung protein nabati yang dapat membatu hati menangkal radikal bebas dan yang membuat laju kerjanya berat. Selain itu minyak sayur lebih sehat untuk tubuh dan hati.

8. Pepaya

Buah pepaya dipercaya sebagai penguras zat-zat makanan yang masuk dalam tubuh, hal inilah yang dapat membuat pencernakan menjadi lancar, sehingga akan membuat kerja hati menjadi ringan. Hal inilah yang mampu membuat fungsi hati menjadi kuat kembali.

Hati merupakan organ penting yang ada dalam tubuh manusia. Untuk itu memilih untuk merawatnya dengan baik dengan menyeleksi apa yang masuk ke dalam tubuh kita adalah hal yang bijaksana. Demikian ulasan mengenai makanan sehat untuk menguatkan hati.