Makanan-Makanan Sehat Dengan Kandungan Asam Lemak Trans Polyenoic

Posted on

Makanan yang mengandung Asam Lemak Trans Polyenoic atau lemak baik

Asam Lemak Trans PolyenoicAsam Lemak Trans Polyenoic merupakan nama lain dari asam lemak jenuh ganda. Jenis lemak ini adalah lemak baik. Makanan dengan kandungan asam lemak tak jenuh ganda ini merupakan makanan yang sangat baik untuk tubuh dan baik dikonsumsi.

Banyak orang yang selama ini mungkin salah kaprah dan menganggap semua makanan yang mengandung lemak adalah makanan yang tidak bergizi. Padahal hal ini tergantung jenis kandungan lemaknya.

Bagaimanapun, tubuh manusia juga membutuhkan asupan lemak. Tubuh membutuhkan asupan lemak kurang lebih 20% hingga 30% dari keseluruhan jumlah makanan yang kita makan atau konsumsi.

Lemak adalah sumber energi yang paling besar dalam tubuh. Bayangkan jika tubuh kita tidak mendapat asupan lemak yang cukup, tubuh kita tidak akan memiliki energi yang cukup.

Tak hanya itu, 60% jaringan otak juga terdiri dari lemak. Jika kekurangan asupan lemak, otomatis otak tidak akan bekerja dengan maximal. Ingatan kita akan terus menurun.Lemak ini juga sangat membantu dalam menyerap vitamin bagi tubuh.

Baca juga: Tips Hidup Sehat Hingga Ratusan Tahun

Dengan demikian, asupan lemak memang harus kita pikirkan baik-baik. Supaya terhindar dari masalah-masalah kesehatan seperti kolesterol, obesitas dan kelangsungan jantung, kita harus pintar-pintar memilih asupan makanan dengan kandungan lemak yang baik untuk kesehatan.

Makanan mengandung asam lemak tak jenuh ganda baik bagi otak kita

Jenis lemak yang bagus untuk tubuh adalah jenis asam lemak tak jenuh ganda atau Asam Lemak Trans Polyenoic. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa jenis lemak ini sangat baik untuk jantung dan otak.

Asam Lemak Trans Polyenoic ini banyak berasal dari tumbuhan atau nabati, tapi tidak menutup kemungkinan juga ada hewan yang mengandung lemak tak jenuh ganda.

Baca juga: Kenali gejala dan penyabab penyakit usus buntu

Manfaat Dari Asam Lemak Trans Polyenoic Bagi Tubuh Dan Efek Kekurangannya

Jika kita mampu memberi asupan Asam Lemak Trans Polyenoic dalam tubuh secara pas, akan ada beberapa manfaat yang kita rasakan, diantaranya :

1.Menurunkan kolesterol & kadar trigliserida dalam tubuh

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung Asam Lemak Trans Polyenoic, kolesterol dan kadar trigliserida dalam tubuh yang tinggi, bisa dikontrol.

2.Menjaga detak jantung & memperbaiki kinerjanya

Biasanya saat tubuh kelebihan kolesterol jahat, detak jantung kita tidak akan beraturan. Dengan memberi asupan makanan yang mengandung Asam Lemak Trans Polyenoic pada tubuh, irama detak jantung kita akan lebih teratur dan stabil. Makanan dengan kadar lemak tak jenuh ganda ini sangat baik bagi jantung. Dengan detak jantung, kadar kolesterol dan kadar trigliserida terjaga stabil, otomatis kinerja jantung juga akan menjadi lebih baik sehingga tubuh lebih sehat.

3.Baik untuk kesehatan sistem saraf otak

Dengan adanya asam lemak omega-3, makanan dengan kandungan ini akan sangat baik bagi sistem saraf otak. Dengan asupan yang baik, memori kita juga akan meningkat.

4.Menjaga daya tahan tubuh

Dengan mengkonsumsi Asam Lemak Trans Polyenoic, tubuh kita akan memiliki daya tahan yang lebih baik. Tubuh akan lebih tahan terhadap serangan penyakit. Penyakit semacam kanker, asma dan arthritis tidak akan mudah menyerang tubuh kita.

Kita perlu memberi tubuh kita asupan makanan dengan kandungan nutrisi ini secara cukup. Karena jika kita kekurangan Asam Lemak Trans Polyenoic ini, kita akan mengalami masalah-masalah seperti berikut ini :

1.Membuat Kolesterol naik tinggi

Jika tubuh kita kekurangan nutrisi ini, kolesterol dalam tubuh kita akan naik. Kolesterol jahat yang semakin naik akan menyebabkan masalah kesehatan,penyumbatan maupun penyempitan pembuluh darah.

2.Hipertensi

Tak hanya kolesterol yang akan naik, tekanan darah kita juga akan naik jika kekurangan nutrisi ini.

3.Lebih mungkin terserang penyakit jantung

Penyakit jantung juga akan terpicu jika kita kekurangan Asam Lemak Trans Polyenoic.

4.Kemampuan ingatan akan menurun

Jika kekurangan nutrisi ini, ingatan kita akan menurun. Kita juga akan kesulitan dalam berkonsentrasi.

Selain keempat masalah ini, masih banyak lagi masalah yang bisa ditimbulkan jika kita kekurangan Asam Lemak Trans Polyenoic. Maka dari itu, kita harus pandai-pandai memilih jenis makanan yang tepat supaya nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi dengan baik.

Tapi jika kadar Asam Lemak Trans Polyenoic dalam tubuh kita berlebih, hal ini juga tidak baik bagi tubuh. Masalah seperti osteoporosis dan depresi juga akan mengancam kita.

Bagaimana memilih makanan yang memiliki kandungan Asam Lemak Trans Polyenoic.

Jangan pernah main-main dengan kesehatan. Jika kamu tidak ingin mengidap penyakit yang akan mengganggu hidupmu, lebih baik untuk mulai memilah – milah makanan.

Jangan sembarangan makan sesuatu. Apalagi makan – makanan cepat saji. Biasanya makan – makanan cepat saji ini mengandung lemak jenuh atau lemak yang jahat bagi tubuh.

Dengan konsumsi lemak jenuh yang terlalu banyak, tubuh akan sangat rentan terhadap penyakit. Selain obesitas yang juga akan turut mengancam.

Hal ini perlu pembiasaan. Mungkin kamu selama ini tidak begitu concern dengan makananmu, coba untuk membiasakan diri beralih ke makan – makanan yang  sehat.

Beberapa jenis makanan ini mengandung Asam Lemak Trans Polyenoic yang bisa menjadi pilihanmu.

Jika kamu sering meminum susu sapi, coba sesekali untuk mengkonsumsi susu kedelai. Susu sapi memang baik, susu kedelai juga. Susu kedelai ini mengandung Asam Lemak Trans Polyenoic.

Selain susu kedelai, minyak kedelai juga memiliki kandungan lemak tak jenuh ganda juga.

Mungkin selama ini kamu sering mengkonsumsi ayam, cobalah beralih ke jenis ikan-ikanan laut. Kamu bisa mencoba sarden, tuna, maupun salmon.

Labu, wijen, biji bunga matahari juga mengandung Asam Lemak Trans Polyenoic.

Mulailah untuk memilih jenis makanan yang tepat. Mulailah juga membiasakan diri mengkonsumsi makanan-makanan sehat dengan kandungan Asam Lemak Trans Polyenoic.