Penyakit ISPA
Penyakit ISPA

Kenali Penyakit ISPA untuk Penanganan yang Tepat

Posted on

Penyakit ispa terjadi karena berbagai faktor penyebab. Namun sebelum mengulas lebih dalam tentang ciri-ciri dan penyebabnya, maka sebaiknya Anda mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan ISPA atau Infeksi Saluran Pernapasan Akut. ISPA adalah salah satu penyakit yang sangat mudah menular, terutama kepada manusia yang minim kekebalan tubuh. ISPA bisa ditularkan melalui udara ketika penderitanya batuk atau bersin. Penularan secara tidak langsung seperti minum dan makan di tempat yang sama dan lainnya juga bisa meningkatkan proses penyebaran ISPA. Perlu diketahui bahwa ISPA merupakan infeksi yang dapat mengganggu sistem pernafasan manusia. Apabila tidak ditangani dengan segera, maka tubuh akan kekurangan oksigen. Akibatnya sangat fatal, bahkan bisa menyebabkan kematian. Berikut ini adalah gejala serta penyebab dari munculnya ISPA yang harus Anda ketahui.

Penyakit ISPA
Sumber : Google Images

Gejala dan Penyebab Penyakit ISPA

Seseorang yang menderita penyakit ispa akan menunjukkan gejala-gejala yang sangat signifikan. Penyakit ini seringkali menyerang anak-anak karena sistem kekebalan tubuhnya yang masih sangat lemah. Meskipun ISPA tidak begitu berbahaya karena tidak menyebabkan kematian langsung, nyatanya penyakit ini dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan sehingga benar-benar harus diobati. Untuk bisa mengobatinya dengan benar, maka Anda harus tahu gejala-gejala apa saja yang ditimbulkan saat seseorang terkena ISPA. Gejala yang seringkali muncul adalah sering bersin, batuk, hidung tersumbat, sakit kepala, demam, sakit saat menelan, merasa lemas, kelelahan, produksi dahak yang berlebih, suara serak, dan paru-paru terasa berat. Jika sudah mulai parah, maka gejala yang akan sangat terlihat adalah hilangnya kesadaran penderitanya.

Biasanya, gejala penyakit ispa akan terjadi dalam rentang waktu satu sampai dengan dua minggu. Gejala akan berkurang seiring dengan kemampuan tubuh dalam memperbaiki gejala yang muncul. Jika gejala tidak juga teratasi, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter terdekat. Selain mengetahui gejala-gejala ISPA, Anda juga perlu tahu apa saja penyebab munculnya penyakit pernafasan ini. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dari munculnya penyakit pernafasan seperti ISPA.

1.Bakteri

Salah satu penyebab ISPA adalah adanya bakteri di lingkungan yang sekitar penderitanya. Bakteri yang bisa  menyebabkan ISPA diantaranya adalah corynebacterium diphtheriae, klamidia pneumoniae, neisseria gonorrhoeae, dan lain sebagainya. Bakteri ini bisa tersebar dari udara atau seseorang yang menderita ISPA.

2.Virus

Penyakit ispa juga bisa disebabkan oleh virus. Banyak sekali kasus dimana penderita ISPA tertular dari virus yang tersebar melalui udara. Terutama dari penderita yang bersin lalu virusnya menyebar ke lingkungan. Virus penyebab ISPA diantaranya adalah adenovirus, rhinovirus, human metapneumovirus, virus parainfluenza dan virus coxsackie. Virus ini bisa menginfeksi ketika Anda berada dalam satu ruangan tertutup tanpa oksigen yang cukup bersama penderita ISPA. Udara yang lembab dan kekebalan tubuh yang kurang juga bisa menyebabkan Anda mudah tertular ISPA.

3.Kualitas udara yang menurun

Penyebab ISPA lainnya adalah karena kualitas udara yang menurun sehingga menyebabkan saluran pernafasan mengalami infeksi. Kualitas udara menurun karena banyaknya polutan, asap rokok dan asap industri yang membuat udara menjadi kotor sehingga menyebabkan bronkitis manusia mengalami gangguan. Tak heran jika seiring dengan berjalannya waktu, kualitas udara yang semakin buruk menyebabkan banyak masyarakat mengalami masalah pernafasan yang sangat signifikan.

Demikianlah ulasan terkait dengan ciri-ciri dan penyebab penyakit ispa. Semoga informasi kali ini dapat menambah wawasan Anda tentang ISPA.