Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Usus Buntu

Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Usus Buntu

Posted on

Usus buntu merupakan suatu kondisi dimana usus yang terhubung dengan usus besar mengalami kebuntuan. Tidak ada yang tahu pasti apa penyebabnya. Namun berikut ini ada penjelasan mengenai gejala, penyebab serta upaya pencegahannya agar lebih mengenal tentang apa itu usus buntu.

Gejala Penyakit Usus Buntu

Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Usus Buntu

Usus buntu umumnya ditandai dengan beberapa gejala seperti berikut ini :

  • Timbul sakit perut di bagian tengah kemudian berpindah ke peut bagian bawah
  • Timbul kram pada perut
  • Tidak nafsu makan
  • Perut mengalami pembengkakan
  • Sulit untuk buang angin
  • Diare
  • Mual disertai dengan muntah
  • Demam
  • Adanya rasa nyeri ketika buang air kecil

Penyebab Terjadinya Usus Buntu

Usus buntu disebabkan karena kemungkinan telah terjadinyapenyumbatan usus yang terjadi secara terus – menerus pada usus yang bisa disebabkan oleh tinja maupun kelenjar getah bening, sehingga terjadi pembengkakan di dalam usus. Pembengkakan yang terjadi pada kelenjar getah bening ini umumnya dipicu oleh seseorang yang mengalami infeksi saluran pernapasan atas.

Penyumbatan yang terjadi di dalam usus yang terjad secara terus – menerus dan berlangsung dalam jangka waktu lama akan menyebabkan usus mengalami pembengkakan sehingga akan mengakibatkan dampak yang sangat fatal yaitu usus buntu mengalami pecah.

Baca juga: Kenali Gejala Penyakit ISPA

Cara mencegah dan Mengobati Penyakit Usus Buntu

Pada dasarnya usus buntu jika telah mengalami pengangkatan tidak akan memberikan efek apapun terhadap kesehatan anda. Namun jika dari hasil pengangkatan usus buntu tersebut terjadi peradangan atau pembengkakan, maka akan mengakibatkan komplikasi yang berakibat buruk. Untuk itu segera perlu dilakukan tindakan tepat dan cepat.

Melihat gejala usus buntu yang telah disebutkan diatas, sebenarnya belum cukup menjadi bukti apakah seseorang benar mengalami penyakit usus buntu atau tidak. Hal ini disebabkan karena lokasi nyeri perut usus buntu yang terjadi pada setiap orang berbeda. Selain itu, gejala yang ditimbulkan oleh penyakit usus buntu juga sangat mirip dengan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, nyeri pada saat menstruasi atau keracunan makanan. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk melakukan operasi pengangkatan usus buntu, diperlukan diagnosa lebih lanjut untuk memutuskan penanganan seperti apa yang paling tepat. Berikut beberapa jenis pemeriksaan yang umumnya disarankan oleh para dokter dalam menangani usus buntu antara lain sebagai berikut :

Pemeriksaan fisik yang dimaksud disini adalah memastikan bagian perut mana yang mengalami nyeri. Cara mengetahuinya yaitu dengan menekan bagan perut secara perlahan untuk mengetahui letak usus buntu.

Melakukan tes darah juga bisa dilakukan sebagai salah satu upaya pencegahan usus buntu. Tes darah ini dilakukan untuk mengetahui jumlah sel darah putih serta untuk memastikan apakah nyeri perut yang timbul disebabkan karena terjadinya infeksi.

Dokter juga akan menyarankan tes urin untuk memastikan apakah nyeri perut tersebut disebabkan oleh usus buntu atau disebabkan oleh penyakit lain seperti infeksi saluran kencing dan yang lainnya.

Kedua metode ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah nyeri yang timbul tersebut merupakan gejala usus buntu atau penyakit lainnya.

Sedangkan untuk wanita, biasanya dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan organ intim. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan apakah gejala yang timbul berkaitan dengan usus buntu atau justru nyeri menstrusi serta penyakit yang berhubungan dengan kandungan.

One thought on “Kenali Gejala dan Penyebab Penyakit Usus Buntu

Comments are closed.