Cara Merawat Luka Lebam dengan Air Dingin

Cara Merawat Luka Lebam dengan Air Dingin

Posted on

Pernahkah anda mengalami luka lebam pada bagian tubuh Anda? Akan tetapi, tahukah Anda bagaimana cara merawat luka lebam? Luka lebam sendiri terjadi karena bagian tubuh kita terbentur dengan benda yang sifatnya keras. Misalnya seperti terbentur meja atau kursi, terjatuh, atau karena tendangan, pukulan, dsb. Luka lebam biasanya ditandai dengan munculnya warna kebiruan yang apabila ditekan akan terasa sakit. Darimanakah asal warna biru itu? Warna biru pada luka lebam disebabkan karena ada darah yang masuk ke daerah itu yang dikarenakan pecahnya pembuluh darah ketika terjadi benturan pada saat terjatuh, terpukul, atau lainnya. Akibatnya muncullah warna kebiruan pada bagian tubuh yang terluka itu.

Cara Merawat Luka Lebam dengan Air Dingin

Apabila Anda mengalami luka lebam, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengompres luka menggunakan air es dalam waktu kurang lebih 10-15 menit. Lebih baik lagi mengompres sambil menekan-nekan bagian yang luka. Akan tetapi hal ini dilakukan apabila tdak terdapat darah yang keluar pada luka. Apabila terdapat darah yang keluar, cara merawat luka lebam agak berbeda. Sebelum menggunakan air dingin, terlebih dahulu kompres lukanya menggunakan air hangat selama kurang lebih 10-15 menit. Tujuan dari penggunaan air hangat terlebih dahulu adalah agar aliran darah menuju luka bisa berjalan dengan lancar. Cara ini agar proses penyembuhan bisa berjalan lebih cepat.

Untuk kompresnya, bisa menggunakan kompres yang bisa dibeli di apotek. Atau jika lebih memilih mengompres menggunakan handuk, jangan mencelupkan handuk ke dalam air yang mendirih, karena akan mengakibatkan terjadinya luka bakar. Jangan sekali-kali menggunakan balsam atau yang sejenisnya. Jika ingin mengoleskan luka lebam dengan obat, pilihlah minyak yang tidak akan memberikan efek panas. Pengolesan minyak ini hanya dilakukan untuk daerah luar saja dengan tujuan agar bengkak pada luka lebam bisa berkurang. Cara merawat luka lebam di sekitar mata hanyalah dengan cara mengompres menggunakan air dingin, kemudian air hangat secara berulang-ulang, tanpa mengoleskan apapun.

Apabila memar terletak di mata akibat terkena pukulan, pastikan bahwa tidak ada masalah dengan penglihatan Anda. Jika tidak ada permasalahan dengan penglihatan Anda, Anda cukup melakukan perawatan seperti yang disebutkan di atas. Akan tetapi apabila Anda merasakan ada gangguan terhadap penglihatan Anda, segera periksakan ke dokter karena dokter lebih mengerti cara merawat luka lebam yang sampai menyebabkan gangguan pada mata.

Sekian artikel tentang cara merawat luka lebam dengan air dingin yang bisa saya sampaikan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam beraktifitas karena luka lebam bisa terjadi karena banyak hal.