Cara Menghilangkan Bau Mulut

8 Cara Menghilangkan Bau Mulut dan Penyebabnya

Posted on

Bau mulut sering kali menjadi momok bagi sebagian orang. Bau mulut yang tidak sedap yang keluar saat menghembuskan nafas bisa menggangu kehidupan sosial seseorang yang mengalaminya, misalnya merasa tidak percaya diri dan malu ketika berbicara dengan orang lain. Karena itulah banyak orang yang mencari cara menghilangkan bau mulut di era modern ini. Meskipun sudah banyak juga obat-obatan untuk menghilangkan bau mulut tapi kalian wajib waspada akan efek samping yang mungkin akan ditumbulkan. Maka dari itu di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara menghilangkan bau mulut secara alami tapi sebelum itu kalian pasti penasaran kan apa sih yang menjadi penyebab bau mulut?.

Penyebab bau mulut bisa timbul dari beberapa faktor. Penyebab umumnya adalah sebagai berikut:

Penyebab Bau Mulut

  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga termasuk gigi dan gusi. Misalnya, adanya sisa makanan pada gigi, ada gigi yang berlubang dan gusi yang meradang. Ini bisa menjadi penyebab bau mulut.
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang mendatangkan aroma tidak sedap dimulut seperti jengkol, petai, bawang.
  • Merokok juga dapat menyebabkan bau mulut secara langsung dan dapat menganggu kesehatan mulut, gigi dan gusi.
  • Ketika sedang menjalani suatu pengobatan, kadang jenis obat-obatan tertentu bisa menimbulkan bau mulut.

Namun jangan khawatir, berikut sudah saya sediakan 8 cara menghilangkan bau mulut secara alami :

8 cara menghilangkan bau mulut secara alami

Cara Menghilangkan Bau Mulut

1.Sikat Gigi Lebih Sering

Penyebab bau mulut biasanya muncul akibat adanya plak yang menempel pada gigi dan mengandung banyak bakteri. Selain itu, sisa-sisa makanan di sela-sela gigi dapat memperburuk keadaan bau mulut. Setiap orang normalnya dianjurkan untuk menggosok gigi minimal dua kali sehari. Namun jika anda mempunyai masalah dengan bau mulut, sebaiknya sikatlah gigi lebih banyak dari yang dianjurkan, misalkan setiap habis makan besar cobalah untuk sikat gigi. Namun jangan menyikat gigi terlalu keras karena dapat merusak enamel gigi.

2.Menggosok Lidah

Pada Lapisan atau selaput yang terdapat di lidah bisa menampung bakteri yang menyebabkan bau mulut. Karena itu, ketika monggosok gigi dianjurkan juga untuk menggosok lidah secara perlahan untuk membersihkan bakteri tersebut. Ada alat khusus untuk menggosok lidah, yaitu tounge scraper atau yang paling mudah bisa menggunakan sikat gigi yang memungkinkan juga untuk menggosok lidah.

3.Menjaga Kesehatan Gusi

Gusi yang tidak sehat bisa menyebabkan bakteri penyebab bau mulut berkembang disana. Sebaiknya jika Anda mengalami gangguan pada gusi, maka langsung konsultasikan dengan dokter gigi agar bakteri tidak berkembang lebih banyak.

4.Sarapan Pagi

Sarapan pagi dapat menghilankan bau mulut?? Hal tersebut memang benar, karena dengan sarapan pagi dapat memicu mulut untuk memproduksi air liur lebih banyak lagi. Air liur akan menjaga mulut kita agar tidak kering serta mencegah bakteri bau mulut berkembang.

5.Waspadai Mulut Kering

Keadaan mulut kering karena kurangnya air liur atau saliva dapat menyebabkan bau mulut bahkan gigi membusuk. Untuk mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan meminum cukup air dalam sehari. Alternatif lainnya yaitu dengan sering mengunyah permen karet atau permen biasa (disarankan tidak mengandung banyak gula), cara ini ampuh untuk menstimulasi air liur.

6.Berkumur

Cara yang paling mudah untuk menghilangkan bau mulut yaitu dengan berkumur setelah makan. Berkumur bisa dengan air biasa atau cairan/obat kumur yang sekaligus menyegarkan nafas.

7.Berhenti Merokok

Bagi anda perokok aktif banyak bahaya kesehatan yang bisa ditimbulkan. Salah satunya yaitu bau mulut. Merokok dapat menyebabkan gusi rusak dan gigi menjadi kekuningan, hal ini dapat memicu bau mulut. Kebiasaan merokok memang sulit dihentikan, karena butuh kemauan yang kuat dari si peroko untuk berhenti. Bagi para perokok bisa berkonsultasi dengan ahli terapi bila ingin berhenti merokok.

8.Hindari Makanan Beraroma tidak Sedap

Jengkol, petai dan bawang merupakan makanan yang lezat bagi sebagian orang. Namun efek yang dihasilkan bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Sebaiknya bagi anda yang suka dengan makanan jenis tersebut, dianjurkan tidak terlalu sering mengkonsumsinya. Apabila anda telah memakannya, dianjurkan untuk segera menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur agar nafas dan bau mulut lebih segar.

Sekian artikel tentang cara menghilangkan bau mulut beserta penyebabnya yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalian yang masih mengalami masalah dengan bau mulut.