Cara Mengatasi Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok Super Lengkap

Posted on

Kenapa sih banyak orang mencari cara mengatasi rambut rontok? Padahal pada dasarnya, rambut rontok adalah hal yang wajar. Rambut rontok dianggap tidak wajar apabila kerontokan rambut menyebabkan rambut menjadi tidak tumbuh lagi yang lambat laun menyebabkan rambut menjadi botak. Pada kulit kepala yang sehat, rambut bisa bertahan selama 3 sampai 5 tahun. Rambut tersebut bisa tumbuh sepanjang 12 milimeter dalam satu bulan dan akan terus tumbuh sebelum akhirnya rontok. untuk lebih jelasnya mari kita mengenal terlebih dahulu fase-fase pertumbuhan rambut.

Fase Pertumbuhan Rambut

Secara normal, rambut akan mengalami tiga tahap fase pertumbuhan. Mulai dari fase anagen, fase katagen hingga fase telogen. Mari kita bahas mengenai fase pertumbuhan rambut ini satu-persatu.

1. Fase Anagen

Pertama, fase anagen yang berlangsung sekitar 3 – 5 tahun. Pada tahap ini rambut secara aktif tumbuh dan bertambah panjang.

2. Fase Katagen

Kedua fase katagen yang berlangsung antara 3 – 4 minggu. Pada tahap ini pertumbuhan sel-sel rambut secara perlahan mulai melambat sebelum akhirnya berhenti.

3. Fase Telogen

Ketiga, fase telogen yang berlangsung selama sekitar 3 – 4 bulan. Pada tahap ini folikel rambut mengecil dan bergerak lepas ke permukaan kulit kepala. Setelah melewati ketiga fase ini, rambut baru akan tumbuh lagi untuk menggantikan yang sudah rontok. Siklus pertumbuhan ini memakan waktu hingga 4 tahun, dan dapat berulang sebanyak 25 kali.

Berbicara mengenai rambut rontok kita juga harus mengetahui penyebab rambut rontok. Seperti pepatah mengatakan “mencegah lebih baik daripada mengobati” jika kita tau faktor apa saja yang menjadi penyebab rambut rontok, mungkin kita bisa mencegah kerontokan itu terjadi. Nah ini dia beberapa faktor penyebab rambut rontok :

Penyebab Rambut Rontok

Cara Mengatasi Rambut Rontok

1.Faktor Kulit Kepala

Kulit kepala seseorang memang berbeda-beda, tapi satu hal yang pasti jika anda tidak merawat kulit kepala anda dengan baik maka rambut anda akan sulit tumbuh dikarenakan terjadinya peradangan yang menyebabkan tertutupnya pori-pori kecil di kulit kepala.

2.Fakor Makanan

Anda pecinta makanan pedas dan berminyak? Jika iya, sebaiknya mulailah batasi makanan jenis ini. Terlalu sering memakan makanan pedas akan menyebabkan kulit kepala menjadi berminyak dan mempengaruhi kesehatan rambut anda.

3.Faktor Keturunan

Jika salah satu anggota keluarga kita entah itu ibu atau ayah sering mengalami kerontokan rambut maka kita perlu was-was karena faktanya rambut rontok juga bisa disebabkan oleh faktor keturuan. Tapi ingat meskipun kalian mengalami rambut rontok karena ayah atau ibu kalian, kalian tidak boleh marah ya karena merekalah yang melahirkan kalian. Dan tenang saja karena di paragraf selanjutnya kita akan segera membahas cara mengatasi rambut rontok secara alami yang juga sudah terbukti ampuh.

4.Faktor Vitamin&Protein

Protein dan Vitamin A serta E sangat baik sekali untuk kesehatan rambut, oleh karena itu kekurangan asupan nutrisi ini akan menyebabkan pertumbuhan rambut menjadi lambat dan menyebabkan rambut rontok.

5.Faktor Stress

Dijaman serba modern ini kegiatan manusia menjadi begitu padat dan tingkat stresspun meningkat, padahal stress adalah salah satu penyebab rambut rontok yang paling perlu diwaspadai. Stress dapat mengganggu aliran darah di sekitar kepala sehingga akar rambut menjadi semakin lemah dan mudah rontok.

Setelah memahami penyebab rambut, selanjutnya saya akan bahas topik utama kita kali ini yaitu cara mengatasi rambut rontok. Agar hasilnya lebih efektif maka akan saya bagi menjadi dua versi. Yang pertama adalah cara mengatasi rambut rontok untuk ibu yang baru melahirkan dan yang kedua adalah cara mengatasi rambut rontok dengan buah-buahan alami. Keduanya berbeda satu sama lain jadi mari simak bersama-sama!

Cara Mengatasi Rambut Rontok Untuk Ibu Setelah Melahirkan

Tingkat stress pada ibu ibu yang baru melahirkan memang cenderung meningkat, hal ini bisa menjadi penyebab rambut rontok pada ibu sekalian jika tidak benar-benar diperhatikan. Maka dari itu sudah saya siapkan 4 cara mengatasi rambut rontok berikut ini:

1.Hindari mengikat, mengepang, menjalin, menggulung rambut karena akan menarik kencang rambut. Rambut pun menjadi stres.

2.Hindari penggunaan sikat rambut yang lembut. Sisirlah rambut secara perlahan-lahan, terutama saat masih basah.

3.Bila ingin menggunakan pengering rambut, pilihlah tombol yang cool saja.

4.Makanlah banyak sayur dan buah. Beberapa vitamin dalam sayur dan buah-buahan dapat menyuburkan rambut dan mencegah kerontokan.

Itulah cara mengatasi rambut rontok yang sangat efektif khusus untuk ibu setelah melahirkan. Dan seperti yang sudah disebutkan diatas, banyak sekali buah-buahan yang bermanfaat untuk kesehatan rambut, diantara bahkan benar-benar bisa mengatasi rambut rontok secara alami bila diramu dengan resep yang pas. Maka dari itu akan saya tunjukan cara mengatasi rambut rontok dengan buah-buahan berikut ini:

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Buah-Buahan Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Buah-Buahan Alami

1. Buah Asam Jawa

Ambil daging buah asam yang sudah masak. Tambahkan sedikit air bersih sambil diremas-remas. Setelah larut merata, saring dengan sepotong kain. Gosokkan sari buah asam tadi ke seluruh kulit kepala sambil dipijat ringan. Biarkan beberapa saat kemudian rambut dicuci bersih dengan sampo.

2. Bunga Sepatu

Ambil segenggam daun bunga sepatu yang berbunga putih. Cuci bersih lalu digiling sampai halus. Tambahkan 1 cangkir air bersih sambil diremas merata. Peras dan saring. Air perasannya digunakan untuk membasahi kulit kepala dam rambut sambil dipijit ringan. Biarkan meresap selama 1 jam, lalu rambut dibilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari sampai terlihat hasilnya.

3. Biji Kemiri

Daging biji kemiri sebanyak ¼ kg ditumbuk sampai halus, lalu dimasukkan ke dalam panci. Tambahkan 1 gelas air bersih sambil diaduk sampai merata. Campuran tersebut lalu dipanaskan di atas api sampai mendidih dan keluar minyaknya. Setelah dingin lalu diperas dan disaring dengan sepotong kain, untuk diambil minyaknya. Minyak ini lalu didihkan kembali. Setelah dingin minyak kemiri digosokkan ke kulit kepala. Lakukan 2 – 3 kali seminggu.

4. Daun Mangkokan

Daun mangkokan yang sudah tua sebanyak 5 – 10 lembar dicuci bersih lalu digiling halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa sambil diaduk sampai menjadi adonan seperti bubur. Saring dan peras. Hasil perasan lalu dioleskan pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Setelah merata, tutup kepala dengan handuk sehingga hawa panas yang timbul akan melembapkan kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 1 jam baru dibilang dengan air hangat. Selanjutnya dikeramas sampai bersih. Lakukan seminggu 2 – 3 kali.

5. Kulit Buah Semangka

Ambil bagian dari kulit semangka yang berwarna putih. Gosok-gosokkan pada kulit kepala secara merata. Lakukan pada sore hari dan biarkan semalaman supaya meresap. Keesokan paginya baru dikeramas sampai bersih. Lakukan satu sampai dua kali dalam seminggu.6. Daun WaruDaun waru (Hibiscus tiliaceus L) segar sebanyak 30 lembar dan daun randu (Ceiba pentandra Gaertin) segar 20 lembar dicuci lalu digiling sampai halus. Tambahkan 2 sendok makan minyak jarak dan air perasan 1 buah jeruk nipis sambil diaduk sampai merata. Saring dengan sepotong kain sambil diperas. Air perasannya lalu digunakan untuk menggosok kulit kepala sambil dipijat ringan. Lakukan sore hari setelah mandi lalu rambut dibungkus dengan handuk atau sepotong kain. Keeseokan harinya rambut dicuci bersih. Lakukan 3 kali seminggu.

Semoga cara mengatasi rambut rontok ini bisa bermanfaat bagi para pembaca. Dan jagalah selalu kesehatan rambut anda.