Gejala Penyakit Liver

7 Gejala Penyakit Liver yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Gejala penyakit liver bisa dilihat dan ada juga yang bisa dirasakan oleh penderita. Liver yang merupakan nama lain dari hati ini dapat terserang beberapa penyakit yang pasti tidak diinginkan. Penyakit tersebut antara lain kanker hari, fatty acid liver, dan lain sebagainya. Semua penyakit ini umumnya memiliki gejala umum yang hampir sama pada awal kemunculannya. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, gejala dan tanda tersebut bisa berkembang sesuai dengan jenisnya. Lebih jelas tentang gejala liver, kami sajikan gejala umumnya dalam artikel ini.

Inilah gejala penyakit liver yang umum dan harus diketahui

Gejala Penyakit Liver

Pertama, perubahan bentuk perut

Biasanya, penderita liver akan mengalami perubahan untuk perut menjadi lebih buncit. Akan tetapi, tidak semua orang yang memiliki perut buncit bisa dipastikan mengalami penyakit liver. Perut buncit pada penderita penyakit liver dikarenakan oleh adanya pembengkakan yang terletak pada bagian bawah tulang rusuk, tepatnya di perut sebelah kanan bawah. Akibat pembengkakan ini, gejala yang dialami oleh pasien penderita gangguan hati bisa merambat ke kesulitan bernafas akibat tertekannya diafragma.

Kedua, perubahan warna

Inilah perubahan yang bisa Anda lihat dengan kasat mata. Ya, biasanya gejala penyakit liver ditandai dengan perubahan warna pada kulit dan tangan. Dalam kasus ini, warna bisa berubah menjadi kekuning-kuningan. Karena perubahan warna kulit menjadi kuning inilah yang kemudian membuat penyakit hatisering disebut sebagai penyakit kuning. Perubahan warna lain terlihat pada bagian bawah mata, yakni terlihat lebih gelap. Selanjutnya, perubahan warna kuku yang menjadi putih juga bisa dijadikan penanda awal dari penyakit liver ini. Perubahan warna ini juga dibarengi dengan perubahan bentuk kuku yang melengkung.

Ketiga, perubahan warna air kencing

Warna air kencing dari penderita penyakit liver biasanya memiliki air kencing yang abnormal. Warnanya biasanya lebih gelap, yakni kuning kecokelatan. Selain masalah air kencing, gejala penyakit liver juga terlihat pada masalah buang air besar. Perubahan air kencing juga dapat berhubungan dengan intensitas air kencing, menjadi lebih sering BAK.

Keempat, mudah turun berat badan

Nafsu makan yang berkurang akan membuat berat badan seorang penderita liver mudah sekali turun. Penurunan berat badan ini bisa sangat drastis sehingga membuat penderitanya terlihat sangat kurus.Kelima, mudah memar

Penderita hati mengalami kekurangan protein. Hal ini membuatnya mudah memar saat terkena pukulan atau pun benturan. Tidak hanya itu, pada beberapa penderita juga ditemukan bahwa mereka mudah mengalami pendarahan, khususnya yang berhubungan dengan hidung.

Keenam, sakit kepala dan lemah

Rasa lemah, lelah, dan capek sangat mudah dialami oleh penderita penyakit hati. Mereka juga rentan dengan sakit kepala yang parah.

Ketujuh, bau mulut dan bau badan

Penderita penyakit hati ini jadi memiliki bau mulut dan bau badan yang kadang menyengat. Memang tidak semua, tetapi beberapa penderita mengalami ini.Kedelapan, masalah kulit

Selanjutnya, gejala penyakit liver juga diperlihatkan oleh rasa gatal, timbulnya ruam dan masalah kulit lainnya. Oleh karena itulah, Anda perlu memperhatikan dengan seksama kondisi tubuh Anda.