7 Gejala Penyakit Jantung yang Tidak Bisa Diabaikan

Posted on

Mengenali gejala penyakit jantung bisa dikatakan gampang-gampang susah untuk dilakukan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan kematian akibat penyakit jantung terkesan tiba-tiba dan tanpa memberikan gejala khas. Penyebab dari sulitnya mendeteksi penyakit jantung ini adalah rasa sakit yang tidak sama pada setiap orang, bahkan pada beberapa orang penyakit ini terkesan diabaikan karena rasa sakitnya yang biasa saja. Bahkan disinyalir rasa sakit akibat penyakit jantung ini berbeda bagi perempuan dan laki-laki. Lalu, bagaimana cara untuk mengetahui penyakit jantung sejak dini. Dalam artikel ini, kami akan menginformasikan 7 gejala yang mungkin dialami oleh seorang penderita penyakit jantung. Simak.

Inilah 7 gejala penyakit jantung yang mungkin dan tidak bisa diabaikan

Rasa sakit di dada

Rasa sakit di dada merupakan tanda pertama dari penyakit jantung. Hal ini diungkapkan oleh seorang dokter yang merupakan pelopor peneliti gejala jantung pada wanita bernama, Jean C. Mc Sweeney, PhD RN. Beliau juga merupakan dekan dari penelitian di University of Arkansas dalam ilmu keperawatan di Medical Science. Namun demikian, beliau juga menambahkan bahwa rasa sakit di dada atau yang lebih dikenal dengan nyeri di dada bisa disebabkan oleh gejala lain dan tidak melulu gejala penyakit yang menyerang jantung. Nyeri dada karena penyakit jantung biasanya terletak di sebelah kiri dada, dan tepat di bawah tulang dada.

Baca juga: 6 Ciri Penyakit Jantung yang Paling Sering Dirasakan

Pusing

Pusing atau sakit kepala memang bukan satu-satunya tanda untuk penyakit jantung. Pusing juga bisa jadi merupakan tanda penyakit lainnya. Namun demikian, serangan jantung ringan akan menyebabkan pusing kepala bahkan kehilangan kesadaran.

Mudah lelah

Kelelahan juga merupakan gejala penyakit jantung. Hal ini biasanya dialami oleh seorang perempuan yang menderita penyakit jantung. Bahkan jika rasa lelah ini terjadi sepanjang waktu dan tidak hilang dalam jangka waktu lama, ini bisa menandakan gejala gagal jantung.

Mual dan Berkurangnya nafsu makan

Masalah jantung juga menyebabkan mual. Bahkan dalam beberapa kasus, serangan jantung juga bisa membuat penderitanya muntah-muntah. Dalam beberapa kasus ditemukan pembengkakan perut yang dapat mengurangi nafsu makan karena serangan jantung.

Rasa cemas

Seorang penderita penyakit jantung juga merasakan kecemasan yang berlebihan. Kecemasan akan hal di masa depan dan hal-hal yang akan terjadi lainnya. Kabar buruknya, kecemasan ini akan memperburuk kondisi tubuh penderita.

Denyut nadi tak teratur

Saat merasakan pusing, cemas, dan merasa lelah, seorang penderita jantung juga menunjukkan gejala berupa nadi yang tidak teratur. Jika hal ini dibiarkan, maka bisa jadi penyakit jantung akan lebih parah dan bisa menyebabkan stroke hingga kematian mendadak.

Sesak nafas

Sesak nafas merupakan satu dari sekian banyak gejala jantung yang mudah dikenali. Sesak nafas ini merupakan akibat dari nyeri dada yang dirasakan oleh para penderita. Namun demikian, terkadang sesak nafas ini datang dengan sendirinya tanpa disertai dengan nyeri pada dada.

Selain 7 gejala penyakit jantung di atas, beberapa gejala lain seperti lemah, lesu, pembengkakan di sekitar kaki dan tangan, keringat dingin, dan lain-lain juga bisa menjadi pertanda khas penyakit jantung.