ciri penyakit jantung

6 Ciri Penyakit Jantung yang Paling Sering Dirasakan

Posted on

ciri penyakit jantungCiri penyakit jantung memang berbeda untuk masing-masing type penyakit jantung. Namun demikian, tetap ada gejala umum yang dapat menunjukkan penyakit jantung secara keseluruhan. Gejala-gejala yang kami rangkum ini akan menjadi gambaran ringkas tentang gejala umum yang tidak hanya menunjukkan satu jenis penyakit jantung, tetapi juga beberapa penyakit jantung. Jika Anda mengalami gejala seperti yang kami paparkan berikut ini, maka mungkin Anda perlu datang ke dokter untuk mengetahui hasilnya lebih lanjut. Simak ulasannya.

Daftar 6 ciri penyakit jantung yang paling sering dirasakan

Pertama, rasa tidak nyaman atau nyeri dada

Nyeri dada merupakan penanda yang sangat umum dari penyakit jantung. Nyeri dada adalah salah satu ciri penyakit jantung yang sangat khas, karena dalam beberapa kasus bisa menyebar ke area terdekat seperti rahang, leher, perut bagian atas, dan lain-lain. Rasa nyeri ini bisa dirasakan secara teratur, dapat diduga, sering, jarang, dan bahkan sporadis. Karena nyeri dada tidak selalu menandakan penyakit jantung, Anda perlu mengetahui apakah nyeri yang Anda rasakan adalah gejala penyakit jantung dengan datang ke dokter.

Baca juga: Kenali Penyakit ISPA Dan Cara Mengobatinya

Baca juga: 13 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan Tubuh

Kedua, palpitasi

Tanda selanjutnya adalah palpitasi. Jantung terasa berdebar dan denyut nadi yang tidak teratur bisa menjadi tanda yang mudah dikenali dari gejala ini. Palpitasi merupakan gejala dari 2 hingga 3 jenis penyakit jantung dan bahkan bisa menandakan penyakit jantung yang sudah serius.

Ketiga, terasa melayang

Salah satu ciri penyakit jantung yang bisa Anda jadikan kunci penanda penyakit jantung adalah rasa pusing dan melayang di kepala Anda. Meskipun ini bisa menandakan penyakit lain seperti anemia, dehidrasi, penyakit hati, penyakit ginjal, dan penyakit lainnya, tetapi jika Anda mengalami ini maka Anda bisa datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui dengan detail penyakit yang Anda derita.

Keempat, pingsan

Penyebab pingsan dapat dikelompokkan dalam 4 kategori besar. Adalah metabolisme, neurologis, vasomotor, dan jantung. Khusus untuk penyakit jantung, pingsan dapat menyebabkan kematian mendadak. Hal ini karena saat pingsan, seorang penderita akan mengalami kehilangan kesadaran. Meskipun memang masih normal jika seorang mengalami pingsan sekali dalam hidupnya. Jika ini terjadi sering, maka itu yang patut dipertanyakan.

Kelima, capek dan mudah mengantuk di siang hari

Penyakit jantung juga ditandai dengan kelelahan dan rasa kantuk yang datang di siang hari. Hal ini karena kelelahan merupakan pertanda awal dari ketidaknormalan tubuh. Bahkan dalam beberapa kasus, penderita jantung bisa tiba-tiba tidur pada siang hari tanpa dia sadari.

Keenam, sesak nafas

Sesak nafas memang bisa menggambarkan penyakit jantung, tetapi memang lebih banyak menandakan penyakit paru-paru. Atau memang terganggunya paru-paru akibat penyakit jantung. Rasa sakit di punggung saat berbaring dan harus mengambil nafas dengan tenaga merupakan satu dari sekian banyak ciri penyakit jantung yang sangat mudah dikenali.

One thought on “6 Ciri Penyakit Jantung yang Paling Sering Dirasakan

Comments are closed.