Obat Herbal Asam Urat

4 Obat Herbal Asam Urat yang Mudah Didapatkan

Posted on

Obat herbal asam urat terbilang mudah didapatkan. Meski memang beberapa herbal seperti akar burdock, alfafa sprout, dan yang lainnya susah didapatkan. Sebagian lain dapat ditemukan di Indonesia, bahkan dalam dapur Anda. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu bahwa pengobatan secara alami ini bisa dilakukan sehingga mengandalkan pengobatan medis. Padahal sebenarnya, kedua pengobatan ini dapat berjalan beriringan sehingga bisa menjadi booster dari penyembuhan asam urat yang diderita seseorang. Lantas, herbal apa sajakah yang bisa Anda gunakan untuk mengobati asam urat.

Kami telah merangkum beberapa herbal dari berbagai sumber yang telah terbukti dapat meredakan asam urat Anda. Selengkapnya silakan simak ulasannya berikut ini.

4 Obat Herbal Asam Urat yang Mudah Didapatkan

Obat Herbal Asam Urat

Pertama, jus lemon segar

Minum jus lemon segar ternyata dapat mengurangi inflamasi akibat penyakit asam urat sekaligus dapat mencegah terjadinya asam urat. Jus lemon dapat merangsang pembentukan kalsium karbonat dalam tubuh. Untuk diketahui, kalsium karbonat berfungsi untuk menetralkan asam dalam darah termasuk untuk mengurangi asam urat yang berlebih. Selain itu, jus lemon juga mengandung vitamin C sehingga akan dapat menguatkan jaringan ikat di sekitar sendi sekaligus dapat meminimalkan kerusakan yang diakibatkan oleh kristal-kristal asam urat. Kandungan asam sitrat dalam lemon juga sangat bermanfaat untuk melarutkan kristal sehingga dapat menurunkan kadar asam urat.

Kedua, ceri hitam

Obat herbal asam urat dan batu ginjal yang palingpopuler adalah ceri hitam. Serum dari ceri hitam lebih rendah ketimbang asam urat sehingga dapat difungsikan untuk melarutkan kristal yang mengendap dalam persendian yang terkena asam urat dan batu ginjal. Tidak hanya itu, kandungan asam dalam ceri juga memiliki fungsi untuk memberikan efek alkalizing pada darah dan jaringan tubuh. Kemudian, enzim yang terkandung dalam ceri hitam juga dapat menetralkan asam urat. Sementara kandungan antosianin dalam ceri hitam dapat memberikan manfaat anti inflamasi dan sebagai antioksidan yang paling kuat.

Ketiga, bubuk kunyit

Bubuk kunyit sudah lama dipakai oleh masyarakat India untuk pengobatan. Bahkan bubuk kunyit ini juga diakui sebagai obat herbal terkuat untuk mengatasi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat. Kunyit mengandung anti inflamasi dan dapat mengurangi nyeri sendi. Tidak hanya itu, kunyit juga dapat cepat menyembuhkan radang sehingga sangat baik untuk arthtritis, osteoarthritis, dan yang lainnya.

Keempat, biji seledri

Masukkan biji seledri dalam menu makanan Anda untuk menyembuhkan asam urat. Pasalnya, biji seledri dapat menetralkan efek asam urat dalam sistem tubuh. Senyawa anti inflamasi yang terdapat dalam biji seledri aktif untuk menyembuhkan peradangan.

Selain dengan 4 obat herbal asam urat di atas, Anda juga harus menghindari makanan yang tinggi purin agar asam urat Anda tidak kambuh. Makanan yang harus Anda hindari adalah keju, kerang, jamur, anggur, jeroan, dan lain-lain.